Pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif Dengan Menggunakan Board Game Petualangan Berhitung Briani Dan Kawan-Kawan Untuk Guru dan Siswa Lembaga Pendidikan JARIMATUNG PRESTASI Bandung Barat


Latar Belakang Kegiatan

Lembaga pendidikan JARIMATUNG PRESTASI terletak di Puri Cipageran Indah 1 Blok I.3 No.3 Bandung Barat, sebuah lembaga pendidikan yang tidak terlalu besar, karena merupakan lembaga pendidikan rumahan. Lembaga yang didirikan di tahun 2012 ini bisa dikatakan sebagai lembaga pendidikan non-formal dan swadaya, yang bergerak dibidang pengajaran untuk mempersiapkan siswa Taman Kanak-kanak yang akan melanjutkan pendidikan ke sekolah dasar. Metode pembelajaran yang digunakan oleh lembaga pendidikan JARIMATUNG PRESTASI ini menggunakan metode jari aritmatika, yaitu penyelesaian soal matematika dengan keterampilan jari. Dalam perkembangan selanjutnya, lembaga ini juga membantu para siswa-siswi taman kanak-kanak yang hendak melanjutkan ke tingkat sekolah dasar dengan pelajaran membaca dan juga melatih kemampuan berbahasa.

Lembaga pendidikan yang dipimpin oleh ibu Mashita ini didirikan atas dasar untuk menjawab permasalahan:
– Anak-anak yang malas belajar
– Anak-anak yang tidak menyukai pelajaran matematika, sehingga susah dalam memahami angka dan bilangan yang mengakibatkan mereka menjadi enggan belajar berhitung
– Ketidak sabaran pada diri orang tua dalam mengajarkan matematika, sehingga menimbulkan proses pemaksaan dalam proses belajarnya.

Berdasarkan permasalahan ini, maka lembaga JARIMATUNG PRESTASI mengembangkan metode berhitung cepat menggunakan jari dengan cara yang menyenangkan. Belakangan, lembaga ini juga menggunakan metode bermain dalam belajar membaca sekaligus menanamkan budi pekerti pada anak dengan membeli seperangkat papan permainan (board game).

Kepada tim PKM Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom, ibu Mashita ingin agar tim PKM ini untuk bersama-sama mengembangkan alat bantu berupa papan permainan kreatif bagi anak-anak didik di lembaga tersebut yang bisa diakses dengan biaya yang terjangkau, mengingat harga alat bantu pembelajaran serupa yang beredar luas di pasaran bisa dikatakan cukup mahal, dan terutama target audience dari lembaga JARIMATUNG PRESTASI ini adalah masyarkat golongan menengah.

Pendekatan yang akan digunakan dalam pengembangan alat bantu belajar ini akan metode playing, karena:
– Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
– Menggunakan instrument alat bermain yang biasa dimainkan oleh anak-anak, seperti mengajarkan angka melalui mainan
– Melakukan gerakan fisik dengan cara bermain, membantu anak untuk mengenalkan inderanya.

Pelaksanaan Kegiatan Dengan Uji Test Play

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk training dan workshop yang terdiri dari ceramah, diskusi dan berbagi pengalaman mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar pembuatan materi ajar melalui pembelajaran yang kreatif, komunikatif, interaktif. Adapun kegiatannya dilakukan dengan metode transfer keilmuan berupa sharing knowledge mengenai pemanfaatan papan permainan yang masuk dalam pengembangan dari Mata Kuliah Studio Desain Grafis 4 dan Mata Kuliah Pilihan: Board Game yang terdapat pada kurikulum Desain Komunikasi Visual pada peminatan Desain Grafis, masuk dalam ranah keilmuan desain komunikasi visual khususnya bidang kreatif.

Selain sharing knowledge, tim PKM bersama ibu Mashita kemudian merancang sebuah permainan board game dengan judul Petualangan Berhitung Briani dan Kawan, yaitu permainan dengan genre race game dengan muatan edukasi yang bersumber pada materi ajar/ kurikulum lembaga JARIMATUNG PRESTASI.

Puncak kegiatan diadakan di lokasi JARIMATUNG PRESTASI pada tanggal 28 November 2018 lalu, dengan kegiatan bermain bersama para siswa-siswi JARIMATUNG. Permainan Petualangan Berhitung Briani Dan Kawan hasil pengembangan tim PKM Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom yang diketuai oleh Bapak Syarip Hidayat Ini diujikan pertama kali pada kesempatan ini. Tanggapan posituf terhadap game ini muncul dari para siswa, pengajar hingga orang tua siswa-siswi JARIMATUNG PRESTASI. Para peserta berharap permainan semacam ini terus dikembangkan dalam rangka memacu minat belajar anak melalui permainan kreatif

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *