Pelatihan Menggambar Menggunakan Metode Retorika Visual Bagi Para Guru Dan Siswa Pada Lembaga Pendidikan JARIMATUNG PRESTASI, Bandung Barat


Latar Belakang Kegiatan

Masih pada Lembaga pendidikan JARIMATUNG PRESTASI terletak di Puri Cipageran Indah 1 Blok I.3 No.3 Bandung Barat, sebuah lembaga pendidikan yang tidak terlalu besar, Kepada tim PKM dari Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom yang berbeda (lihat post sebelumnya) , ibu Mashita ingin agar tim PKM yang terdiri dari Dosen Desain Komunikasi visual bersama para mahasiswa untuk bersama-sama mengembangkan metode retorika visual untuk membantu memahami proses berhitung. Pendekatan dilakukan menggunakan metode bahasa rupa pada anak dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengenalkan bentuk angka, mengajarkan proses berhitung menggunakan bahasa gambar, serta mengingat obyek benda melalui angka.

Kegiatan pelatihan menggambar menggunakan retorika visual bagi Guru dan siswa lembaga pendidikan JARIMATUNG PRESTASI ini dilangsungkan untuk pengembangan keilmuan tim dosen yang diturunkan kepada masyarakat dengan pola belajar bersama masyarakat (community development) dan sarana mengaplikasikan ilmu pengetahuan khususnya bidang komunikasi visual.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk training dan workshop yang terdiri dari ceramah, diskusi dan berbagi pengalaman mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar pembuatan materi ajar melalui pembelajaran yang kreatif, komunikatif, interaktif. Adapun kegiatannya dilakukan dengan metode transfer keilmuan berupa sharing knowledge mengenai pemanfaatan menggambar dengan metode retorika visual yang merupakan pengembangan dari mata kuliah studio desain grafis 1 yang terdapat pada kurikulum Desain Komunikasi Visual pada peminatan Desain Grafis, masuk dalam ranah keilmuan desain komunikasi visual khususnya bidang kreatif.

Metode transfer keilmuan berupa sharing knowledge mengenai menggambar dengan metode retorika visual berupa pengembangan bentuk angka menjadi gambar yang lebih menarik bagi anak-anak sebagai alat peraga dalam pembelajaran kreatif. Dengan demikian diharapkan anak-anak akan lebih mengenal angka dan bisa mengasah kemampuan kreatifitas mereka dalam membuat bentuk baru dari sebuah angka.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *