Pemanfaatan Fungsi Estetis Dari Gambar Ilustrasi Untuk Membantu Pengenalan Produk dan Penambahan Nilai Ekonomi Bagi Produk Koperasi Gesa Ngopi Saraosna, Bandung Periode Pelaksanaan Januari 2019-Juni 2019


Koperasi Pemasaran Gesa Ngopi Saraosna, yang menjadi masyarakat sasar kegiatan PKM kali ini ingin membawa Kopi Jawa Barat kembali menjadi primadona di tengah-tengah menjamurnya kafe-kafe waralaba internasional dan juga kafe loKal di Bandung (yang justru menyajikan kopi asal daerah lain).

Koperasi yang beralamat di Jl. Sidomukti No. 11A/ 306, Kelurahan Sukaluyu, Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung ini menetapkan usaha utamanya sebagai pemasaran kopi Jawa Barat. Visi dari koperasi ini adalah Menjadi koperasi pemasaran dan pelestari Kopi Asli Jawa Barat yang terkemuka dan menjadikan Kopi Jawa Barat Kelas Dunia.   Semenatra itu, misi dari Koperasi Pemasaran Gesa Ngopi Saraosna adalah:

  1. Membangun kesejahteraan anggota dan stake holder Kopi Jawa Barat sesuai dengan cita-cita luhur koperasi
  2. Menyelenggarakan usaha pokok dan penunjang untuk meningkatkan kesejahterahan sosial dan ekonomi anggota dan stake holder Kopi Jawa Barat
  3. Mengembangkan potensi unggulan yang dimiliki oleh koperasi sehingga dapat meningkatkan potensi tawar dan daya saing Kopi Jawa Barat
  4. Sosialisasi dan Edukasi Kopi Jawa Barat kepada Masyarakat Lokal, Nasional dan juga Internasional

Koperasi ini juga menjalankan serangkaian usaha pendukung seperti pengelolaan kopi, café, penyediaan alat-alat yang berkaitan dengan kopi serta sarana pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kopi.

Dalam prakteknya, selalu ada masalah yang berkaitan dengan promosi, baik yang terkait dengan promosi pada usaha utama, yaitu memperkenalkan dan memasarkan produk Kopi Jawa Barat dan juga pada usaha-usaha sampingannya, terlebih lagi jika berhadapan dengan produk-produk kopi lainnya.   Atas dasar itulah, tim PKM yang terdiri dari dosen program studi Desain Komunikasi Visual yang mempunyai keilmuan berbasis komunikasi visual bersama dengan  pihak Koperasi Pemasaran Gesa Kopi Saraosna Bandung selaku masyarakat sasar merumuskan ide untuk menerapkan aplikasi Pemanfaatan Fungsi Estetis Dari Gambar Ilustrasi Untuk Membantu Pengenalan Produk dan Penambahan Nilai Ekonomi Bagi Produk Koperasi Pemasaran Gesa Ngopi Saraosna, Bandung.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pembuatan gambar ilustrasi yang bertujuan untuk menarik perhatian, memudahkan pemahaman sekaligus meningkatkan nilai estetika pada media promosi produk dan retail Kopi Jawa Barat bagi masyarakat sasar yaitu Koperasi Pemasaran Gesa Ngopi Saraosna.

Video Dokumentasi Kegiatan PKM 2019

Desain komunikasi visual sendiri adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna serta layout. Tata kelola gambar dalam komposisi tertentu membentuk ilustrasi yang bertujuan menarik perhatian dan memberi kesan tertentu. Metode transfer keilmuan tetap diterapkan pada pelaksanaan PKM kali ini berupa sharing knowledge mengenai fungsi dan tujuan gambar ilustrasi, bahwa ilustrasi bukan hanya sekedar gambar tetapi juga memiliki nilai lebih selain nilai estetika.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *